Thursday, March 6, 2014

Youtuber Of The Week: Sarah Hawkinson + Thoughts About GRWM

Welcome to week #2 of Youtuber Of The Week (YOTW)! Ehehehe. (Klik disini untuk baca postingan YOTW minggu sebelumnya).


Minggu ini, youtuber yang akan aku bahas adalah Sarah Hawkinson. Sarah bisa dibilang adalah seorang beauty guru di youtube. Tapi dia nggak cuma upload video "standar" nya beauty guru aja. Oke, sebagian video yang dia upload memang berkisar: makeup tutorial, monthly favorites, haul, ootd, dll.

Tapi channel nya Sarah bisa dibilang lebih ke Lifestyle channel dari pada Beauty channel, karena selain video-video yang aku sebut tadi, dia juga suka upload vlog, video masak, dan video psikologi.
Sarah adalah mahasiswi psikologi (sekarang dia masih di community college sih, tapi sebentar lagi bakalan ambil major psikologi). Jadi melalui video psikologi ini Sarah ngasih saran-saran dan share ilmu psikologi mengenai suatu topik tertentu dengan bahasa yang ringan. Video psikologi nya punya beragam tema, salah satu favoritku video bertema introvert ini:



I really like her vlogs too. Pertama kali aku nemu channel dia yaitu pas aku iseng search vlog di youtube, dan akhirnya aku nonton vlog ini dari channel Sarah. Sejak itu aku mulai nonton (hampir semua) video nya.
Aku suka cara dia ngomong dan vlog nya juga relatable banget karena dia ngelakuin hal-hal yang 'normal' dan biasa. Kayak: ngedit video di rumah, nonton serial tv, masak ramen, dll. Sedangkan kebanyakan vlogger di youtube itu seolah suka hang out terus. So it's really nice to see someone with personality that does "normal stuffs" on youtube :D


Kalo beauty videos nya aku jarang nonton sih. Karena secara fisik aku sama dia jelas berbeda buanget hahaha. Tapi dari segi fashion, seleraku kurang lebih sama kayak dia. Style nya Sarah itu kayak: grunge gothic chic (?). Banyak pake warna hitam dan warna gelap lain, motif tengkorak, sepatu boots, gitu gitu deh. So I really like her style. Tapi makeup nya juga cantik kok. Simple dan gak heboh. Sarah juga suka bikin tutorial buat Halloween. Karena ia penggemar horror (dia punya channel khusus horror, namanya: PossessedbyHorror), jadi tutorial halloween-nya cukup ekstrim dan serem semua. Tapi niat banget bikinnya! Kayak makeup di film gitu, keren.

Oiya, Sarah juga bikin konsep video "Get Ready With Me" (GRWM) yang beda dari beauty guru kebanyakan, video nya Sarah lebih interaktif. Jadi dia rekam dirinya pas lagi dandan di depan kaca dan selain ngejelasin produk-produk yang dia pake dan cara dia makenya, dia juga ngobrol sama viewers nya tentang apa aja. Tentang apa yang lagi dia pikirin belakangan, keseharian dia, kebiasaan ber-makeup dia, dan hal random lainnya.



Aku udah pernah mikir tentang GRWM kayak gini jauh sebelum aku nonton video GRWM interaktif Sarah ini. "Kenapa ga ada yang bikin video GRWM yang beauty gurunya langsung ngomong di depan kamera, gak usah pake voice over?". Makanya aku seneng banget pas Sarah bikin video GRWM macam ini! Soalnya  relatable dan asik. Yaa, kalo aku sih kadang suka ngomong sendiri pas lagi siap-siap di depan kaca, jadi relatable ._. And sometimes it's fun if when we're getting ready, kita punya temen ngobrol. Ya kan? Lebih mendekati ke kenyataan dan gak artifisial.

Karena video GRWM di youtube tuh udah banyak banget dan hampir semuanya repetitive dan artifisial sekali. Cuma beberapa aja yang bagus. Jadi, "skenario" kebanyakan video GRWM itu pasti: youtuber nya pura-pura baru bangun tidur, cuci muka, pake makeup, blow rambut, trus nunjukin ootd. Umumnya makeup dan rambut porsi waktunya 80% dari video. Sampe-sampe aku sering mikir, "Ini mah mending sekalian judulnya jadi 'Tutorial Makeup' aja.... -_-"

Terus yang bikin aku heran juga, the so-called beauty guru yang masih pada SMA itu bikin video GRWM mau berangkat sekolah aja pake eyeshadow lho. Apakah emang udah biasa kayak gitu ya kalo di sekolah-sekolah di Amerika Serikat? :|

Ujung-ujungnya jadi ngeluarin uneg-uneg soal video GRWM.... Hehehe. See ya lain waktu!

2 comments:

Destia Prawidya said... [Reply to comment]

hehe, udah coba buat video tutorial juga? sapa tau ntar terkenal kayak sarah hawkinson :D
saya inget pertama kali ngaplod video ke yutub itu tutorial mengerjakan tugas, ya itu tugas kuliah saya menjelaskan mata kuliah yang saya ambil bergaya bak dosen, hahaha, tapi pas liat sendiri malah malu jadinya XD

tapi ngeliat komentarmu tentang dia jadi penasaran pengen ngubek" video cewek ini :3

novi said... [Reply to comment]

Wuooh belum beranii haha lagian ga tau mau bikin video apaan XD

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...