Thursday, February 27, 2014

Tips Mengobati Flu Tanpa Obat

Pastinya semua orang pernah sakit flu, kan. Atau ada yang belum pernah ngerasain flu? Silahkan komen di bawah kalo ada, siapa tau aku mau kirimin hadiah. Hadiah virus. Hahaha #jahat.

Kadang sebelum flu menyerang, kita udah bisa ngerasain gejala-gejala mau flu di badan kita. Ada orang yang gejalanya bersin-bersin, ada yang tau-tau meler ingusnya, dan lain-lain. Kalo aku, gejalanya kerasa ada lendir yang gak enak di antara rongga hidung dan mulut. Ada gak sih rongga itu? Aku juga gak tau :') Susah jelasinnya. Pokoknya kalo di pangkal mulut dan/atau rongga hidung ada rasa gak enak atau sakit dan kerasa ada lendir yang gak biasa lagi "nyangkut", nah insyaallah 95% kemungkinannya besok flu.

Kalo sudah begini aku langsung cepet-cepet ngelakuin pencegahan biar sakitnya cepet hilang atau malah kalo bisa gak jadi sakit sekalian. Sakit kan gak enak, bikin gak mood ngapa-ngapain... :" Supaya aman, pake cara yang alami tapi manjur aja. Kalo cara ala aku gini:

1. Minum air putih banyak-banyak.


Terserah mau 8 gelas kek, mau 2 liter kek, pokoknya yang banyak! (ya tapi dikira-kira juga sih ya, jangan kebanyakan...). Paling bagus tiap satu jam minum air satu gelas. Air kan bisa melarutkan racun-racun tubuh. Pokoknya air itu ajaib banget, air itu sahabat kita, air jangan dikecewakan! Gak ada ruginya diminum. Bolak-balik pipis gak papa, bersyukur masih bisa pipis :') Buat yang kurang suka minum air karena tawar, bisa bikin infused water :)

2. Minum madu

Sebenernya aku curiga yang dipegang Obama itu bukan madu..... But he's pretty cute here. Haha.

Di rumah ku gak selalu ada madu, jadi ini gak selalu kulakukan. Tapi kalo lagi ada madu pas lagi mau sakit, pasti aku minum sesendok tiap abis makan. Pokoknya paling nggak sehari minum satu sendok makan. Manfaat madu ini banyak banget, silahkan di-google sendiri :)))

3. Minum Habbatussauda

Ini kapsul habbatussauda di rumah ku

Aku bingung, kalo obat/tablet/kapsul itu bahasa Indonesia yang baik dan benarnya "diminum" atau "dimakan"? Kalo di blog ini yang mana saja boleh lah ya. Haha. Yang penting masukin ke mulut kelen lah kapsul Habbatussauda itu *pake logat batak*.

Sebagai muslim, aku percaya dengan hadist rasul yang bilang kalo Habbatussauda atau jinten hitam adalah obat segala penyakit kecuali kematian. Kalo kapsul habbatussauda ini aku minum tiap hari dan alhamdulillah aku jarang sakit. Biasanya aku minum satu kapsul tiap habis makan (gak tentu juga sih, minimal satu kapsul sehari). Kalo lagi sakit, minumnya dua kapsul sekali teguk. Atau ikutin petunjuk pemakaian di botol Habbatussauda masing-masing aja ya :')

4. Minum Air Hangat atau Teh Tawar
Dalam kasus ku, yang gejala flu nya ada lendir (entah di rongga hidung, kerongkongan, mulut, apapun nama rongga misterius itu), bernapas dan makan rasanya jadi gak enak gara-gara keganjel lendir tadi. Untuk melegakannya, paling manjur ya minum air hangat. Pelan-pelan aja minumnya, dinikmati. Bayangkan lendir jahanam yang mengganggu makanmu itu hancur larut hilang digerus air baik sahabat kita. Pasti menyenangkan, apalagi itu bukan sekedar bayangan, soalnya lendir nya beneran bakalan luruh gara-gara kena air hangat.


Kalo kurang suka minum air hangat, bisa dikasih garam airnya. Ini kesukaan ibuku kalo lagi flu.
Kurang tau juga apa hubungan garam dengan flu, tapi menurut ibuku itu baik dan manjur buat beliau, jadi ya wes lah, asal jangan banyak-banyak garamnya, sesendok teh cukup. Kebanyakan sodium juga gak baik. Kalo gak suka air garam hangat juga, bisa coba teh tawar. Lebih baik teh hijau karena khasiatnya lebih banyak. Boleh baca link ini, ini, dan ini yang bisa menjelaskan dengan lebih baik.

Teh hijau ini jadi minuman favoritku sekarang (tenang kopi, aku tidak akan meninggalkanmu). Teh hijau tanpa gula lho ya. Alhamdulillah sekarang minumnya udah dengan sukarela, bukan dengan mengernyit-ngernyit kepahitan seperti dulu. Karena kalo nggak terbiasa minum teh tawar memang mungkin gak bakal suka karena rasanya sepet-sepet pahit. tapi kalo udah minum ini terus selama paling nggak 2 minggu, pahitnya gak kerasa lagi (atau paling nggak, bisa diabaikan dengan mudah).

5. Makan Buah Atau Minum Vitamin C


Katanya kalau konsumsi buah kita cukup, sebenernya vitamin tabletan itu gak perlu kita konsumsi lagi.
Jadi disesuaikan dengan kondisi masing-masing aja sih. Kalo lagi ada buah, ya makan buah. Kalo lagi nggak ada stok buah atau nggak ada waktu buat makannya (tapi masa makan buah aja gak sempet ya.. ._.) minum tablet vitamin C aja.

Kata ibuku minum vitamin C gak boleh malem-malem, nanti gak bisa tidur, bener gak sih? Aku belum pernah nyobain ._.

 6. Jangan lewatin waktu makan


Makan yang cukup dan seimbang (konsep 4 sehat 5 sempurna udah gak berlaku lagi, btw). Trus kalo waktunya makan siang ya makan. Waktunya makan malem ya makan. Waktunya sarapan ya makan juga. Kalo waktunya belajar boleh twitter-an bentar #eh #sesat

7. Istirahat yang cukup.


Jangan begadang, tidur minimal 6 jam. Tidur siang itu juga penting, lho. Lagian flu itu gak diapa-apain emang bisa sembuh sendiri sih. Asal istirahat dan makan yang bener.

Ini tips isinya sebagian besar berhubungan dengan air terus ya -_- Tapi emang cairan itu baik buat tubuh lhoo. Tubuh kita kan terdiri dari sekitar 50-70% air :')

Nah, kayaknya itu aja deh. Sorry kalo tips nya klise atau udah sering di denger :') Yang jelas kalo aku udah ngerasa kayak mau sakit, pasti aku ribet ngelakuin semua hal diatas.

Ada tips tambahan? Silahkan ketik di kolom komentar :D Makasih udah baca, sehat-sehat ya semuanyaa.

Buat yang lagi sakit tapi gak ada yang ngucapin GWS, aku ucapin nih: GWS yaa :* :3

3 comments:

Titis Ayuningsih said... [Reply to comment]

Tidur adalah obat yang mujarab :p

Dini Triyama said... [Reply to comment]

nice tips haha kalo gue sih langsung tidur kalo udah kena gejala flu dan yang pasti siap tissue :')

novi said... [Reply to comment]

@Titis: haha iya bener :'D

@Dini: Aku jg kalo lagi flu jadi ratu tisu pasti, Din :')

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...