Monday, February 23, 2015

Reply 1997: Drama Nostalgia ke Tahun 90an


Sinopsis:

Shi Won (Jung Eun Ji) adalah gadis SMA yang bersekolah di Busan, Korea Selatan. Orangnya enerjik dan suka nyablak. Ia dan sahabatnya, Yoo Jung (Shin So Yul), adalah fans boyband H.O.T. garis keras. Mereka rela melakukan apa saja demi idola mereka, bahkan sampai bermalam di depan rumah Tony, member H.O.T. yang disukai Shi Won, supaya bisa ketemu sama Tony.

Shi Won dan Yoo Jung juga bersahabat dengan Yoon Jae (Seo In Guk), Joon Hee (Hoya), Sung Jae (Lee Si Eon), dan Hak Chan (Eun Ji Won). Shi Won terutama sangat dekat dengan Yoon Jae, karena mereka sudah berteman sejak lahir. Tingkah mereka akrab kayak adik kakak, lengkap dengan pertengkarannya setiap hari. Walaupun sering di-bully Shi Won, Yoon Jae yang beranjak dewasa mulai merasakan suka pada Shi Won. Tapi Shi Won yang kelakukannya masih kayak anak kecil malah nggak nyadar.

Selain cerita tentang mereka berdua, keluarga dan sahabat-sahabat Shi Won juga punya masalahnya sendiri-sendiri yang bukan cuma seru untuk diikuti, tapi juga penuh makna.

***
Review:



Cerita dimulai di tahun 2012, di reuni SMA angkatan tahun 1997. Di reuni tersebut, para tokoh berkumpul dan bernostalgia. Dari reuni itu akan ada banyak adegan flashback ke masa SMA mereka di tahun 90an. Jadi drama ini alurnya maju mundur.

Walaupun di episode satu kita udah bisa ngeliat kalo drama ini bakalan happy ending (karena di acara reuni semua tokoh kelihatan rukun dan happy-happy saja), tapi ada banyak misteri di reuni itu. Kita dibuat menebak-nebak. Tokoh mana akan jadi dengan tokoh mana, juga akan ada satu pasangan yang mengumumkan pernikahannya di reuni, tapi kita nggak dikasih tahu pasangan itu siapa. Nah, misteri itu yang akan diungkap satu-satu di tiap episode nya.



Drama ini menurutku menarik karena: Pertama, premisnya aja udah menarik dan eksekusinya juga baik plus pemain-pemain yang chemistry nya dapet. Kedua, cara penyampaiannya dengan alur yang maju mundur ini bikin penasaran dan hampir di tiap episode ada aja twist atau kejutannya. Ketiga, bagi yang besar di tahun 90-an, bakalan diajak bernostalgia banget di drama ini karena setting nya dibikin beneran kayak tahun 90-an, beserta tren-tren fashion dan gadget yang ada pada zaman itu, khususnya di Korea.

Keempat, selain twist yang cukup ngagetin, di tiap episode nya juga nyampein pesan moral yang buat aku sih hampir selalu “ngena”, karena cerita drama ini sebenernya berkaitan banget sama kehidupan sehari-hari kita, terutama yang sudah mengalami masa perubahan hidup dari SMA menuju perkuliahan. Jadi bukan drama yang ada tokoh antagonisnya lalu cerita jahat vs baik gitu, bukan.

Kelima, mungkin ini satu-satunya drama yang bener-bener memperlihatkan betapa dahsyat kekuatan para fangirls nya boyband Korea, ya (CMIIW). Haha. Para fangirls itu passionate banget kalo menyangkut idola mereka. Fenomena fangirls di drama ini tuh nggak di-lebay-lebay-in, emang begitu aslinya kalo di Korea, bahkan sampe zaman sekarang juga masih begitu (salah satu buktinya ada di video ini, berita tentang EXO dan aksi fans nya yang luar biasa). Dan karena aku sekarang fans boyband EXO, aku bisa ngerti sih kenapa mereka sampe mau ngelakuin apa aja demi bisa deket sama idola mereka. Hehehe..

Oiya, boyband di drama ini, H.O.T. dan Sech Kies itu beneran boyband yang ada eksis Korea pada tahun 90an. Mereka termasuk generasi pertama K-Pop, katanya. Salah satu personil Sech Kies bahkan ikut main juga di drama ini, yaitu Eun Ji Won, sebagai Hak Chan.



Drama berhasil bikin aku ketawa-ketawa, senyum-senyum sendiri, nangis mewek, pokoknya bikin gemes nontonnya. Ending nya menurutku anti-klimaks sih, karena udah ketebak semua, episode terakhir seolah jadi pengkonfirmasi happy ending aja buat semuanya. Episode-episode yang berhasil bikin aku (yang orangnya sebenernya susah nangis ini) berlinangan air mata itu episode 12-15 :')

Kesimpulannya, ini salah satu drama coming-of-age yang recommended, terutama buat anak 90-an, semua fans boyband asal Korea, dan buat yang udah ngerasain asem manis nya perjalanan dari SMA ke kuliah :’)

***

Jung Eun Ji dan Hoya (sumber)

Anyway, ini adalah aksi acting pertama Jung Eun Ji, pemeran utama drama ini, lho. Sumpah tadinya aku kira ini anak udah lama jadi aktris, malah sempet ngira dia ini mungkin dulunya aktris cilik, soalnya aktingnya natural. Eh ternyata setelah aku googling, dia ini personil girlband A-Pink yang cuma pernah satu kali ikut kelas akting. Ck ck ck.. *tepuk tangan*

Ada satu lagi manusia dari dunia k-pop yang terlibat di drama ini, yaitu Hoya, personil boyband INFINITE. Pas pertama aku lihat mukanya di drama ini, aku mikir “Kok kayak pernah lihat mukanya, ya”. Ternyata dia ada di video performance EXO di MAMA 2013 ini, sebagai penonton (Jung Eun Ji juga muncul di situ sebagai penonton). Waktu nonton video itu, jujur aja aku agak mencibir dia. Eh taunya dia di drama ini aktingnya bagusss dan aku suka karakter yang dia mainkan di sini, yaitu Joo Hee. Aku pengen temenan sama Joo Hee, pengen peluk dia soalnya dia itu manis banget sikapnya dan kasian di sini :’) Ini juga aksi akting pertamanya Hoya. Oiya, si pemeran utama cowok, Seo In Guk, aslinya juga seorang penyanyi, lho.

P.S. Beberapa minggu sebelum aku nonton Reply 1997, aku nemu meme ini di twitter:


Meme ini G U E B A N G E T :') Ternyata foto itu di ambil dari salah satu scene di Reply 1997 :’)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...