Wednesday, August 29, 2012

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Aku termasuk orang yang kalo keluar kota naik mobil, hampir dipastikan bakalan mual dan pusing sepanjang jalan. Padahal dari kecil aku udah sering bolak-balik Palembang-Sekayu-Muara Enim-Baturaja-dan kota-kota lainnya di Sumsel. Bahkan dulu bisa tiap minggu begitu. Belum lagi mudik lebaran tiap tahun yang seringnya kita sekeluarga road trip naik mobil selama kira-kira dua hari satu malam. Cuma pas naik mobil aja aku sakit gitu. Kalo naik pesawat atau kapal nggak. Kalo naik motor keluar kota belum pernah sih jadi nggak tau ._.

Aku sampe jadi parno sendiri tiap mau keluar kota. Makanya tiap kita ada rencana mau travelling naik mobil kemana, pas packing aja aku udah pusing duluan dan rasanya gak mau pergi. Pas di jalan dan ngelewatin rumah penduduk yang adem, rasanya pengen turun untuk mampir dan leyeh-leyeh di situ (padahal kenal aja kagak).


Tapi baru di tahun kesembilan belas hidupku ini, untuk pertama kalinya, sepanjang perjalanan bolak-balik keluar kota (Palembang-Jawa Tengah), aku ngak mual, pusing, apalagi muntah di perjalanan. YAAAY for that! :D Culun juga ya, di umur segini baru bisa enjoy travelling tanpa mabok -_- Ya, lebih baik terlambat lah daripada nggak sama sekali.

Panjang banget nih intro nya. Hehehe. Intinya, sekarang aku mau share apa-apa aja yang aku lakukan sampe bisa sembuh dari kebiasaan lama yang mengganggu banget ini. Jadi sebenernya bukan tips sih, tapi aku sebut tips aja soalnya bingung mau ngasih judul lain apa. Umm...I actually don't know if there's any other people who get sick while travelling like I used to. But whatever. Cekidotsss....

1. Nggak pake wangi-wangian apapun di badan atau di mobil.
Karena nggak tau kenapa emang bikin mual banget. Apalagi pengharum mobil yang menyengat itu. Pernah aku naik taksi bandara yang wanginya nyengat banget sama ibuku. Ibu yang biasanya gak mabukan orangnya, malah mual-mual. Aku? Gak usah ditanya. Abis turun taksi langsung muntah di got! Selain itu parfum badan dalam bentuk apapun biasanya bikin mual juga. Kalo ada orang yag semobil dandan wangi-wangi, mungkin bisa dihasut untuk gak pake parfum atau yaa jauh-jauh aja duduknya dari dia.


2. Nggak tidur sebelum jam 12 siang.
It's one of my life rules, not just when travelling. Karena dimanapun itu, tidur berbaring sebelum siang bisa bikin pusing. Tapi kalo di mobil kan suka tau-tau ngantuk gitu ya. Kalo bisa ya dijaga aja suasananya biar ga boring dan ga bikin ngantuk. Bisa ngobrol, nyanyi, joget, main games, apa kek. Tapi kalo emang ngantuknya gak bisa ditahan, ya tidur aja, tapi jangan berbaring, tidurnya sambil duduk dan sandaran dibantal kalo mau.

3. Nggak menaruh benda apapun dibelakang leher/tengkuk.
Orang kalo mau muntah yang ditekan tengkuknya atau leher belakangnya kan? Karena itu bikin isi perut kita keluar. Atau mual deh. Jadi aku nggak pake selendang atau bantal di belakang leher. Tapi mungkin ini nggak berlaku buat semua orang ya. Soalnya kan banyak yang suka pake bantal leher gitu kalo di mobil. Nah kalo aku emang ga bisa. Gak enak aja rasanya. Tapi kepala tentunya kudu rileks. Jadi sandarin aja di sandaran kepala jok mobil itu, tapi bagian lehernya gak ada sandaran, dan punggung nyender ke kursi mobil. Ribet jelasinnya yaa tapi mudah-mudahan dimengerti.

4. Untuk yang berjilbab, jilbab jangan sampai mencekik.
Maksudnya, kalo bisa kaitan jilbab yang dipenitiin di bawah dagu dilonggarin aja. Atau kalo pake jilbab langsungan, bagian yang dibawah dagu bisa dinaikin sedikit ke dagu, jadinya jilbabnya gak 'nyekek' leher gitu. Karena di aku bisa bikin mual juga walaupun gak gitu kenceng ikatannya. Kalo mau lebih enak lagi ya lepas jilbab nya sekaligus cepolannya kalo di mobil. As long as semua yang di mobil adalah keluarga ya. Tapi kalo lepas jilbab, kalo mau turun buat ke WC atau makan jadi rada ribet sediri sih -_-


5. Berhenti makan sebelum kenyang.
Kan kalo naik mobil keluar kota suka berhenti dulu di jalan buat makan ya, kalo perjalanannya lama. Nah, saat itu, jangan makan sampe kenyang. Cukup sampe perut terisi dan gak laper lagi. Karena kalo kenyang kan perut kita kerasa penuh. Kalo dibawa jalan biasanya jatohnya malah mual. Belum lagi suka ada rasa pengen sendawa yang membuncah *halah* tapi sendawa nya gak kunjung keluar. Jadi kerasa tu perut isinya angin semua. Kalo aku sih makan secukupnya aja dan gak usah pesen minum. Minum cukup beberapa teguk aja. Bisa pesen air mineral botol (biar gak musti abis saat itu juga minumnya) atau tinggal minta sedikit sama partner perjalanan. Hehehe.

6. Kalo jalan yang dilewati meliuk-liuk dan banyak tikungan tajam, pandangan sealu ke depan.
Nggak musti lurus terus kayak upacara bendera sih. Tapi usahakan jangan terlalu asik lihat pemandangan lewat jendela samping. Karena aku pernah ke Danau Ranau naik mobil (yang udah pernah kesana pasti tau jalannya kayak apa), aku cuek aja liat sana sini, mana mobilnya ngebut pula. Asli lah langsung mual, pusing, dan gak mood lagi mau ke danau. Tapi kemarin, pas lewat Sumedang yang berbukit-bukit dan berkelok-kelok, bapakku langsung bilangin untuk selalu lihat ke depan, karena takut aku nanti pusing. Akhirnya aku nurut and I was fine :)


7. Tanemin dalam hati: "Yang bergerak itu kita, bukan jalanan".
Pernah gak pas kita lagi dijalan, trus rasanya yang jalan itu malah pohon-pohon, rumah-rumah, jalanan, dll, bukannya kita? Kata ibuku, itu tandanya lagi pusing. Biasanya karena kebanyakan ngeliatin pemandangan di jalan. Tapi hal ini bisa dengan mudah dikontrol. Caranya fokus dan tanemin aja dalam hati kalo yang bergerak itu kita dan mobil, bukan jalanan dan kroni-kroni nya..

8. Berdoa.
Nggak usah dijelasin lah ya, penting banget ini :)

Kalo udah terlanjur mual, hal-hal yang bisa dilakukan adalah:
Pertama, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan (Bisa lewat hidung atau mulut. Kalo aku lebih enak lewat hidung). Lakukan berulang-ulang. You'll feel better. Kalo masih mual juga, tidur. Kalo gak bisa tidur dan masih tetep mual, minum antimo. Nanti insyaallah jadi tidur pules dan pas udah nyampe tinggal bangun deh. Hehe. Oh iya, berdoa juga tetep kudu biar tenang.

Yup, itu aja kayaknya. Kalo ada lagi yang kelupaan MUNGKIN nanti aku update. Hehehe. Sekali lagi ini cuma share aja berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi. Masing-masing orang mungkin berbeda penyebab mabuk perjalanannya. But I hope you all find this useful or entertaining or.....whatever... Thanks for reading!!!!! :D

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...